RFID adalah proses identifikasi frekuensi gelombang radio. RFID
menggunakan frekuensi radio untuk membaca informasi dari sebuah alat yang
disebut RFID Tag Card. Sebuah sistem RFID terdiri dari RFID Reader dan RFID Tag
Card[1]. Pengolahan
RFID (Radio Frequency Identification) di BPAD DIY merupakan salah satu
rangkaian kegiatan pengolahan koleksi perpustakaan sebelum di layankan ke
pemustaka. Kegiatan yang dilakukan sejak hari rabu, 2 Juli 2014 hingga sekarang
ini dilaksanakan oleh para pustakawan dibantu oleh anggota Alus Asosiasi
Mahasiswa Ilmu Perpustakaan di BPAD DIY unit badran I yang beralamat di Jalan
Tentara Rakyat Mataram 4 Yogyakarta.
Kegiatan Pengolahan RFID bertujuan untuk membuat transaksi lebih mudah dan pencarian data buku dalam perpustakaan, dan mempermudah dalam sarana pengetahuan dan bermanfaat untuk menjalankan fungsi identifikasi dan security pada koleksi perpustakaan. RFID tagsys menggantikan barcode dan peralatan anti pencurian[2]. Dengan fitur yang unik meningkatkan pengelolaan koleksi dan membuat aktivitas sirkulasi makin cepat dan akurat dalam satu operasi. Sistem RFID dapat mempercepat peminjaman, memelihara koleksi pada susunan yang benar, dan bahkan mengurangi kesalahpahaman di antara petugas perpustakaan[3].
Dalam pengolahan koleksi berjumlah 40.000 eksemplar ini, anggota Alus melakukan kegiatan sebagai berikut:
1.
Pengambilan Buku dari Rak
Pengambilan buku di rak dilakukan secara urut dari kiri ke kanan atau dari
nomor buku terkecil ke yang terbesar oleh satu atau dua orang.
2.
Pemasangan Tattle Tape
Proses pemasangan Tattle Tape dilakukan oleh 2 orang dengan alat tattle
tape RFID Berbentuk lembaran tipis dan panjang seperti benang diselimuti plastik
tipis berwarna hijau.
3.
Pemasangan Label Barcode
Dengan tiga tempat yang berbeda pada punggung belakang sampul buku
4.
Scan Barcode
Scan barcode dilakukan oleh satu orang sesudah buku di pasang tattle tape
dan label barcode.
5.
Pengembalian Buku ke Rak
Pengembalian buku ke rak juga dilakukan secara urut sesuai pengambilannya
sesuai nomor kelas koleksi perpustakaan.
0 comments:
Posting Komentar